Anoi Itam Dan Pucok Kreung Sabang Destinasi Wisata Pilihan

Banda Aceh

Provinsi Aceh adalah wilayah khusus di Indonesia. Wilayah ini terletak di ujung utara Sumatera. Ibukotanya adalah Banda Aceh. Itu dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan dipisahkan dari mereka oleh Laut Andaman.

Ada 10 kelompok etnis asli di wilayah ini, yang terbesar adalah orang Aceh, terhitung sekitar 80 hingga 90% dari populasi wilayah tersebut.

Aceh dianggap sebagai tempat penyebaran Islam di Indonesia dimulai, dan merupakan faktor kunci penyebaran Islam di Asia Tenggara. Islam mencapai Aceh (Kerajaan Fansur dan Lamuri) sekitar 1250 Masehi. Pada awal abad ketujuh belas Kesultanan Aceh adalah negara yang paling kaya, kuat dan berkembang di wilayah Selat Malaka. Aceh memiliki sejarah kemerdekaan dan perlawanan politik untuk dikendalikan oleh orang luar, termasuk bekas penjajah Belanda dan pemerintah Indonesia.

ANOI ITAM

Pantai Anoi Itam adalah pantai yang memiliki keindahan pasir hitam, yang terletak di Kecamatan Sukajaya Sabang. Nama Anoi Itam berasal dari bahasa Aceh yang berarti pasir hitam. Akhirnya tempat itu diberi nama itam Gampong Anoi. Didalam Paket wisata Aceh objek wisata ini pasti akan dikunjungi, sebab ini adalah destinasi utama di Pulau sabang.

Menurut mitos, pantai Anoi Itam ini memiliki jenis berat pasir hitam yang berbeda di pantai-pantai lainnya. Beratnya sekitar tiga kali berat pasir hitam pada umumnya. Ini karena kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Perpaduan warna pasir hitam dan batu kapur yang berwarna putih di sekitarnya terlihat kontras dan memberikan sensasi keindahan tersendiri.

Keindahan Pantai Anoi Itam, dengan pemandangan penuh pepohonan hijau dan bebatuan berbentuk karang yang terletak di ujung laut, dengan air yang jernih. Semua batu naik ke pasir ketika musim angin barat sehingga pasir berkurang dan ketika musim angin timur, pasir tebal diisi dengan kehitaman dan batu-batu menghilang. Inilah waktu yang tepat bagi kita untuk mandi di kolam anoi itam, dengan udara bersih yang sejuk untuk dinikmati bersama keluarga sambil membawa makanan dan minuman serta tidur siang di pepohonan yang rindang dan semilir angin.

PUCOK KREUNG

Kolam pemandian alami Pucok Krueng, andalan Kabupaten Aceh Besar terletak 18 kilometer dari Kota Banda Aceh. Tepatnya sekitar 2 kilometer melewati area di belakang Pabrik Semen Andalas Indonesia (PT SAI), Lhoknga.

Kolam alami Pucok Krueng memiliki air yang jernih dan sangat biru. Itu diapit oleh hutan yang indah. Di sisi kolam ada juga tebing yang asyik untuk didaki.

Kombinasi air biru dan krim gunung tebing benar-benar langka di tempat lain. Saat cuaca cerah, sinar matahari membuat air lebih biru dan bercahaya.

Pengunjung dapat menghabiskan waktu untuk berenang, atau menguji adrenalin dengan memanjat tebing gunung. Ketika Anda sampai di puncak, nikmati pemandangan menakjubkan dari keindahan alami kolam pemandian alami Pucoek Krueng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar